24 C Musi Banyuasin
id

Sudah Masuk Tahun Politik, Masyarakat Harus Ikut Andil Tangkal Hoaks

 


LalanNews.com-Menjelang pemilu tahun 2024 masyarakat harus ikut andil tangkal Hoaks, Kementrian Kominfo mengajak masyarakat berpartisipasi aktif mengirimkan aduan melalui aduankonten.id.

''Kominfo menyediakan layanan aduan. Jika masyarakat menemui konten berbau hoaks silahkan laporkan ke aduankonten.id

Dirjen Semuel menjelaskan, terhitung sejak Agustus 2018 hingga Februari 2023 Kemkominfo telah memblokir 11.140 hoaks yang ada di ruangan digital. Hoaks tentang isu politik mencapai 8,37% dari total keseluruhan.

Pada prinsipnya , untuk menegendalikan penyebaran Hoaks Indonesia perlu menerapkan strategi pantahelix yang berfokus pada tiga level. yaitu Level upstream (hulu) berfokus pada literasi digital, level middle stream (tengah) pada kolaborasi platform dan intervensi tekhnologi serta level downstream (hilir) pada penegakan hukum.

''Regulasi hukum terhadap data pribadi menjadi salah satu domain yang akan dilindungi.

Saat ini, Sejumlah regulasi yang ada untuk untuk menjaga ruang digital agar tetap aman diantaranya UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), PP Nomor 71 Tahun 2019 tentang penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik, Peraturan Mentri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Sistem Elektronik Lingkup Privat serta UU No 27 Tahun 2022 Tentang perlindungan data pribadi (UU PDP).

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru