24 C Musi Banyuasin
id

Nusantarakan Walisongo

 


LalanNews.Com-Mengutip pendapat pakar sejarah dari Universitas Indonesia (UI) Muhammad Iskandar, bahwa garis keturunan para Wali Songo tersambung kepada Nabi Muhammad SAW melalui jalur Sayyidah Fathimah RA.

Salah satu Wali Songo yang nasabnya tersambung kepada Nabi Muhammad SAW adalah Maulana Malik Ibrahim atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sunan Gresik. Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik merupakan maha gurunya para Wali Songo dan pesantren di tanah Jawa yang secara nasab dan sanad memang tersambung kepada Rasulullah SAW, sebagaimana diungkap pada paragraf ketiga.

Pada paragraf keempat hingga ketujuh, Muhammad Taufik Anwari mengungkapkan bahwa para tokoh Nahdlatul Ulama (NU) misalnya seperti KH Abdurrahmad Wahid yang merupakan keturunan Sunan Giri dan KH Said Aqil Siradj sebagai keturunan Sunan Gunung Jati nasabnya tersambung kepada Nabi Muhammad SAW. Namun, mereka tidak berani untuk menyebutkan (mendeklarasikan) dirinya sebagai keturunan Wali Songo sekaligus dzuriahnya Nabi SAW disebabkan rasa hormat dan takdzimnya terhadap kebesaran para Wali Songo dan Nabi SAW.

Kebanyakan dari mereka yang memiliki nasab yang tersambung kepada Wali Songo kurang berkenan mengakui apalagi mendeklarasikan diri kepada khalayak umum bahwa dirinya adalah keturunan Wali Songo, apalagi sebagai keturunan Nabi Muhammad SAW. Hal itu didasari pada rasa tanggung jawab yang begitu besar. Mereka pun lebih senang dipanggil dengan sebutan “Gus”, “Lora”,ataupun “Ceng” saja. Itu semua dilakukannya atas dasar demi menjaga kehormatan para pendahulunya. (Paragraf lima dan enam).

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru